13 Tahun Borneonews Melayani Pembaca

  • Oleh Ediya Moralia
  • 22 Desember 2019 - 08:20 WIB

Hari ini, Minggu 22 Desember 2019, institusi pemberitaan Borneonews berusia 13 tahun. Tetap eksis menyajikan pemberitaan dominan Kalimantan Tengah, meski harus bertransformasi dari bentuk suratkabar ke media online pada 1 Januari 2017. 

Hari ini, tepat pada pukul 07:30, data Google Analytics Borneonews.co.id menunjukkan angka 127.021.719 tayangan halaman sejak 1 Januari 2017. Sejak tanggal itu, portal berita asal Kalimantan Tengah ini telah dibuka oleh 7.096.807 pengguna dengan kunjungan (sesi) mencapai angka 16.361.433. Sebuah pencapaian lumayan baik untuk portal berita yang lahir di provinsi berpenduduk 2.605.274 (data BPS Kalimantan Tengah 2018).

Perjalanan panjang Borneonews selama 13 tahun melayani hak informasi masyarakat bermula pada 16 Januari 2006. Saat itu warga Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, mulai bisa mendapatkan suratkabar yang terbit lebih pagi dibandingkan surat kabar asal Kalimantan Tengah lainnya. 

Sejak terbit pertama kali, Borneonews tampil dengan perwajahan berbeda daripada sejumlah surat kabar lokal lain yang lebih dulu terbit di Kalimantan Tengah. Pembaca mendapat kenikmatan mencerna isi surat kabar ini karena tidak direpotkan dengan berita-berita bersambung ke halaman lain. Semua berita ditampilkan utuh pada setiap halaman.

Tampil dengan kualitas kertas dan cetakan yang baik, surat kabar ini mulai mengarungi tantangan luasnya wilayah peredaran dan sulitnya transportasi antarkabupaten di Kalimantan Tengah. Namun Borneonews tetap konsisten melayani pembaca.

Peradaban kemudian berubah, seiring derasnya perkembangan teknologi informasi. Borneonews pun mulai menyiapkan diri menyambut era media digital. Suratkabar ini mulai memasuki ranah internet pada 2015. Pada tahun itu, sajian koran ini mulai dapat pula diikuti dalam website borneonews.co.id.

Persiapan serius membangun portal berita pun dimulai sejak awal 2016. Berbagai pembenahan mulai dilakukan, Pola budaya kerja media online pun mulai diperkenalkan, terutama kepada awak redaksi.

Manajeman Citra Borneo Indah Group yang menjadi induk perusahaan Borneonews pun kemudian mengambil keputusan penting. Pemberitaan dalam format suratkabar pun diubah menjadi sepenuhnya media online. Tanggal 31 Desember 2016 menjadi tanggal terbit terakhir bagi Suratakabar Harian Borneonews.

Dengan segala keterbatasan yang ada, terutama dari sisi ketersediaan sumber daya manusia dan teknologi, Borneonews.co.id pun mulai mewarnai pemberitaan di Kalimantan Tengah. Kini, menjelang usia tiga tahun, portal berita ini sudah mencatatkan diri sebagai portal berita yang memiliki penetrasi pembaca terbaik di Kalimantan Tengah.

Pencapaian ini, tentu saja bukan semata hasil kerja awak Borneonews. Dukungan dari berbagai pihak tentu saja menjadi faktor terpenting. Dukungan terbesar berasal dari pengunjung yang nyaris sepanjang hari memberikan saran dan kritik melalui media sosial terhadap pemberitaan Borneonews. Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan kepada Borneonews.co.id.

Dukungan lainnya juga berasal dari kalangan eksekutif atau pemerintahan, baik pemerintah provinsi mapun pemerintah kabupaten, Dukungan diberikan dalam bentuk kontrak kerja sama publikasi berbagai hasil pembangunan. Begitu juga pihak legislatif melalui kerja sama sejenis. Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan kepada Borneonews.co.id.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada keluarga besar Citra Borneo Indah Group. Tak lupa juga ucapan terima kasih kepada sang pemilik kelompok usaha ini, H Abdul Rasyid AS, yang tidak hanya memfasilitasi tempat kerja yang nyaman, tetapi juga senantiasa mendorong Borneonews.co.id agar terus bisa bermanfaat bagi masyarakat Kalteng.

Segala bentuk dukungan yang diberikan tentu saja sangat berarti bagi Borneonews yang telah terverifikasi administratif dan faktual oleh Dewan Pers pada 31 Juli 2019. 

Terima kasih. (EDIYA MORALIA)

*) Penulis adalah Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab Borneonews.co.id

Berita Terbaru