Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jokowi Datang ke TPPI Bersama Ahok, Targetkan Kilang Selesai 2023

  • Oleh Teras.id
  • 22 Desember 2019 - 13:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendatangi kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kecamatan Jeno, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Sabtu, 21 Desember 2019.

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Timur, Presiden beserta Ibu Negara Iriana meninjau kilang TPPI yang merupakan kawasan yang akan dikembangkan menjadi industri petrokimia nasional yang menghasilkan beragam produk turunan petrokimia dan produk Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Ya ini kilang TPPI, Trans Pacific Petrochemical Indotama. Ini adalah merupakan salah satu kilang yang terbesar di negara kita, yang dapat menghasilkan produk aromatik, baik para-xylene, ortho-xylene, bensin, toluene, heavy aromatic, dan juga penghasil BBM, premium, pertamax, elpiji, solar, kerosene, ini bisa untuk semuanya," kata Jokowi.

Jokowo datang ke TPPI bersama Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Selain itu, hadir pula Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama.

Kepada Ahok, Erick Thohir dan Nicke, Jokowi meminta pembangunan kilang segera diselesaikan. Jokowi menargetkan pembangunan kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kecamatan Jeno, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, selesai tiga tahun.

"Tadi saya sampaikan kepada Menteri BUMN, Dirut Pertamina dan Komut Pertamina agar tidak lebih dari tiga tahun, harus rampung semuanya. Mintanya tadi 4 tahun, 3 tahun harus rampung semuanya," kata Jokowi.

Kepala Negara meminta penyelesaian tersebut bisa dilakukan dengan kerjasama atau dengan kekuatan sendiri."Saya kira ada pilihan-pilihan yang bisa diputuskan segera. Tapi saya minta nanti di bulan Januari sudah ada kejelasan mengenai ini karena ini saya tunggu sudah 5 tahun," kata Jokowi.

Kilang TPPI sudah dibangun sejak lebih dari dua dekade lalu, namun kemudian tersendat karena beberapa masalah. Setelah TPPI diakuisisi, PT Pertamina (Persero) akan membangun TPPI menjadi pabrik petrokimia terpadu.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru