Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manfaatkan Sisa Ikan untuk Pakan Budidaya Patin

  • Oleh Magang 2
  • 22 Desember 2019 - 19:02 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pembudidayaan ikan dengan memanfaatkan lahan sekitar tempat tinggal yang dilakukan para nelayan Desa Sungai Udang, Kecamatan Seruyan Hilir saat ini terus berkembang.

Bukan hanya keberhasilan memanfaatkan waktu tidak melaut, tapi untuk menjalani usaha sampingan ini. Tapi juga para nelayan memiliki cara menghemat pengeluaran dengan tidak lagi membeli pakan pabrikan.

“Untuk pakan semuanya memanfaatkan ikan kecil sisa hasil tangkapan yang selama ini tidak termanfaatkan dan kami olah menjadi pakan,” ungkap Baen, Minggu 22 Desember 2019.

Menurutnya ikan kecil yang selama ini terbuang percuma, termanfaatkan sejak memiliki kolam pembudidayaan ikan patin dan sangat menghemat pengeluaran jika dibanding harus membeli pakan ikan keluaran pabrik.

“Untuk membuat pakan ikan, ikan kecil dicampur dengan dedak, kemudian dilakukan penggilingan dengan mesin pembuat pakan, dengan hanya membayar upah penggilingan sebesar Rp 1 ribu per kilo," jelasnya.

Meski kualitas dari pakan olahan sendiri ini, tidak sesempurna bikinan pabrik, namun menurutnya ini sangat membantu menekan biaya operasional para pembudidaya ikan. (MAGANG 2/B-6)

Berita Terbaru