Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Takut Ambles, YLKI Desak Evaluasi Tol Layang Japek

  • Oleh Inilah.com
  • 22 Desember 2019 - 22:22 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak pemerintah mengevaluasi total manajemen lalu lintas di jalan tol layang Jakarta Cikampek (Japek) saat libur panjang. 

Kalau tidak, kemacetan panjang bakal terjadi di tol layang Japek saat libur Natal dan Tahun Baru serta lebaran seperti yang pada Sabtu 21 Desember 2019.

"Terbukti tadi malam tol layang Jakarta Cikampek macet total selama dua jam, dan akhirnya arus lalin menuju tol layang ditutup sementara," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi di Jakarta, Minggu 22 Desember 2019.

Selain itu perlu dipertimbangkan adanya emergency exit atau pintu keluar darurat, misalnya di KM 25, sehingga pengguna tol tidak tersandera di jalan tol selama berjam-jam.

"Ini bisa membahayakan keamanan dan keselamatan pengguna tol. Jangan sampai jalan tol layang ini menjadi produk gagal," ujarnya.

Tulus mengatakan adanya kemacetan yang menyebabkan penutupan jalan sementara itu, menunjukkan saat tol layang tersebut dibangun tidak mempertimbangkan berbagai kemungkinan, termasuk jika ada kendaraan mogok di tol layang.

"Ini bisa jadi petugas tol tidak sigap mengatasi masalah saat terjadi kendaraan mogok, dan volume 'traffic' sedang tinggi-tingginya," ujarnya.

Dengan kejadian seperti ini, kata Tulus, fungsi utama tol layang Japek untuk mengatasi kemacetan saat libur panjang menjadi sia-sia. (Inilah.com)

Berita Terbaru