Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Gunung Mas Tingkatkan Upaya Pencegahan HIV/AIDS

  • Oleh Hendra
  • 23 Desember 2019 - 10:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Evelnie mengatakan dinasnya terus meningkatkan pelayanan guna pencegahan HIV/AIDS.

"Kami terus meningkat mutu pelayanan terutama dalam pencegahan penyakit HIVS/AIDS, sehingga masyarakat bisa mengatahui dan memahami cara penularan dan pencehanannya," ujarnya, Senin 23 Desember 2019.

Ia mengatakan berdasarkan data 3 tahun terakhir penderita HIV/AIDS di Gunung Mas mencapai 35 orang dengan rincian pada 2017 ada 19 orang, pada 2018 ada 9 orang dan pada 2019 ada 7 orang.

Dengan bertambahnya penderita HIVS/AIDS, maka akan menjadi ancaman bagi masyarakat. Kondisi ini harus menjadi perhatian serius dari semua pihak, baik dari pemerintah, masyarakat, maupun tenaga kesehatan sendiri.

"Oleh sebab itu kami berupaya meningkatkan mutu pelayanan supaya di daerah kita ini tidak lagi menjadi korban dari keganasan penyakit menular ini," ungkapnya.

Ia menjelaskan salah satu upaya pencegahan yang dilakukan dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutama bagi perkerjaa di tempat yang berisiko tertular agar selalu berperilaku hidup sehat seperti harus menggunakan alat kontrasepsi atau kondom saat berhubungan seks.

"Dengan penggunaan kondom saat berhungan seks secara baik dan benar itu akan terhindar dari virus HIV/AISD, kami harap masyarakat bisa memahami dan mengetahui cara penularan dan pencegahannya supaya di tahun mendatang tidak ada lagi penderita," tuturnya. (HENDRA/B-6)

Berita Terbaru