Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manfaatkan Aplikasi, Ini Inovasi Bakal Dilakukan DLH Kobar Tangani Sampah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Desember 2019 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Agar semua pihak bisa mendapatkan manfaat secara langsung dengan mengelola sampah dengan tertib, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotawaringin Barat (Kobar) bakal meluncurkan aplikasi khusus berbasis IT yang bisa membantu sistem distribusi pembuangan sampah sejak dari sumbernya yaitu rumha tangga.

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) DLH Kobar Robianur, Senin, 23 Desember 2019 menjelaskan, aplikasi apa saja yang bisa diakses masyarakat melalui perangkat smartphone, guna membantu pengelolaan persampahan.

"Ada 2 aplikasi yang bakal kita luncurkan sekitar awal tahun 2020 yaitu Aplikasi Sampah Anda dan Sistem Monitoring Jakstrada," jelas Robianur.

Menurut Robianur, dengan adanya aplikasi Sampah Anda masyarkat bisa mengantarkan sampahnya ke bank sampah.

"Nominal uang hasil dari penyetoran sampah yang sudah dipilah bisa dilihat dari saldo yang ada di bank sampah. Terserah kebijakan bank sampah masing-masing, apakah nominal uang tersebut bisa dicairkan tunai atau berupa voucher belanja," jelas Robianur.

Kemudian, menurut Robi,  aplikasi tersebut nantinya juga bisa diintegrasikan dengan layanan pengambilan sampah rumah tangga.

"Mirip layanan ojek atau pengantaran online. Jadi masyarakat yang bermaksud sampahnya diambil, bisa memanfaatkan layanan tersebut oleh petugas sampah. Sistem pembayaran jasa jemputan sampah diambil dari nilai saldo bank sampah yang ada," jelas Robianur.

Robianur mengatakan, selain itu masih ada aplikasi lain, yaitu Sistem Monitoring Jakstrada atau Kebijakan Strategis Daerah.

"Khusus untuk menamgani masalah sampah, ada bagian aplikasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melaporkan masalah sampah yang ada dilingkungannya. Mirip aplikasi lapor yang dikeluarkan kominfo," jelas Robianur.

Sehingga, lanjut Robianur, masalah persampahan yang terjadi dilingkungan masyarakat bisa ditangani lebih cepat oleh petugas.

Berita Terbaru