Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Barito Timur dan Dinas Terkait Pantau Harga di Pasar, Ini Hasilnya

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Desember 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy bersama Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Kopetasi UKM dan Perindustrian serta Kepala Dinas Perdagangan melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan pokok menjelang Natal dan tahun baru.

Pantauan harga bahan pokok dilakukan di Pasar Temenggoeng Djaya Karti Tamiang Layang. Senin, 23 Desember 2019.

Setelah mengitari pasar dan berdialog dengan pedagang untuk mengecek harga bahan kebutuhan pokok, Kapolres AKBP Zulham Effendy menyampaikan bahwa beberapa komoditas mengalami kenaikan harga namun masih dalam batas wajar.

"Terdapat kenaikan di beberapa komoditi seperti, bawang merah, bawang putih, gula dan beras tapi masih dalam batas toleransi karena kenaikannya tidak lebih tujuh persen ," papar Zulham.

Menurutnya,  jika kenaikan harga melebihi tujuh persen, pemerintah akan bertindak mengintervensi pasar.

"Artinya kita akan mendalami sumber pemasoknya dari mana, kemudian faktor apa yang menyebabkan harganya naik," kata Zulham menjelaskan upaya yang akan diambil jika terjadi kenaikan harga diatas toleransi tujuh persen.

"Tapi alhamdulillah kita di Barito Timur ini dengan instansi terkait sudah kita cek harga bawang naik sekitar dua ribu tiga ribu, telur mengalami peningkatan, beras juga naik sekitar seribu lima ratus, artinya naik masih di bawah batas toleransi tujuh persen," imbuh Zulham.

Dia menilai rata-rata harga bahan kebutuhan pokok masih merupakan hal yang lumrah menjelang lebaran, natal dan tahun baru.

"Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenaikan diantaranya suplai yang berkurang, kemudian  faktor cuaca berpengaruh kepada beberapa komuditas seperti bawang merah karena sumber bawang merah dari brebes jawa tengah sehingga kalau misalnya cuaca terganggu ombak besar maka itu akan berpengaruh," pungkas Zulham. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru