Wakil Bupati Katingan Ingin Pengurus Badan Wakaf Indonesia Beri Manfaat kepada Masyarakat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 Desember 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang berharap kepada pengurus Badan Wakaf Indonesia atau BWI Kabupaten Katingan yang baru dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Aset wakaf yang ada bisa dikembangkan secara produktif dan mampu menggali dan memanfaatkan potensi yang tersebar di Kabupaten Katingan," kata Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang saat menghadiri pengukuhan pengurus badan wakaf dan zakat di aula Kemenag, Senin, 23 Desember 2019.

Selain itu, kata Sunardi Litang juga dapat menambah kekuatan kepada semua pihak untuk menyelesaikan tanah wakaf yang masih terbengkalai.

Menurut Sunardi, saat ini jumlah tanah wakaf yang bersertifikat jauh lebih kecil dibanding yang belum bersertifikat. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya badan wakaf Indonesia perwakilan Kabupaten Katingan ini bisa mempercepat penyelesaian tanah wakaf di Kabupaten Katingan.

Dalam upaya memajukan tanah wakaf ini, kata Wabup, ada 3 hal penting yang perlu diketahui, antara lain, menetapkan potensi wakaf dan menyelamatkannya. Di mana tanah-tanah wakaf yang bisa produktif.

Kemudian mengelola wakaf yang sudah ada dan mencari terobosan baru dalam bentuk harta wakaf.

Namun tidak hanya bentuk tanah tapi juga uang. Selain itu juga mengembangkannya, mengeter-preneur dari para pengelola atau orang yang diamanahkan mengeola wakaf.

Pasalnya, prinsip wakaf adalah untuk mengembangkan harta wakaf. "Jadi semestinya harus dibisniskan supaya menambah nilai wakaf," ucapnya.

Dalam kesempatan ini pula, Wabup Sunardi Litang mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama Kabupaten Katingan dan pihak terkait yang terus menerus memberikan pendampingan, sehingga BWI perwakilan Katingan dapat terbentuk dan hal ini menjadi faktor penting dalam menggerakkan kelembagaan ini.

"Saya yakin dunia perwakafan di Kabupaten Katingan akan semakin baik dan terkelola secaa profesional dan maju," imbuh Sunardi Litang. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru