Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

39 Panwascam se Katingan Resmi Dilantik

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 Desember 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebanyak 39 Panwascam dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan dilantik oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Katingan, Yosafat E Kawung.

“Kami berharap rekan-rekan panwascam yang telah terpilih mampu amanah dan bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, dan tentunya terus menjaga sinergitas demi suksesnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020 mendatang,” kata Yosafat E Kawung, Senin, 23 Desember 2019.

Proses anggota Panwascam itu berlangsung pada Minggu, 22 Desember 2019. Pada kesempatan ini, Yosafat menyampaikan bahwa Panwascam yang telah dilantik segera menyesuaikan diri dengan tahapan penyelenggaraan Pilkada sebagaimana yang telah ditetapkan KPU.

Panwascam juga diminta segera membangun koordinasi dengan para stakeholder di walayah kerjanya masing-masing.

Selain itu, ia juga berpesan kepada anggota Panwascam agar mampu menjalankan amanah yang telah diberikan dan mengimplementasikan tugas pengawasan demi suksesnya pesta demokrasi 2020 di kabupaten tersebut.

Tidak hanya itu, ia juga menyerukan perang terhadap politik uang. "Politik uang menjadi musuh bersama, sebab tidak hanya menyasar masyarakat saja tetapi juga penyelenggara," tegasnya.

Yosafat memerintahkan anggota Panwascam untuk meningkatkan pengawasan partisipatif. Salah satu metode yang bisa dilaksanakan adalah dengan mengampanyekan pembentukan Desa Sadar Pengawasan/Desa Anti Politik Uang di wilayah masing-masing. 

Tujuannya adalah agar masyarakat sadar dan tidak lagi mengambil barang dari politik uang terlebih menganggap hal tersebut sebagai rezeki 5 tahunan. 

"Jangan sampai masyarakat menganggap politik uang sebagai rezeki 5 tahunan, ada yang memberi uang, beras, kopi, dan lain-lain. Itu bukan rezeki, itu musuh kita bersama dan harus kita perangi," demikian Yosafat kembali menegaskan. (ABDUL GOFUR/B-7).

Berita Terbaru