Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polri-TNI Patroli Bersama Ciptakan Situasi Kondusif Jelang Natal

  • Oleh ANTARA
  • 24 Desember 2019 - 11:10 WIB

Makassar (ANTARA) - Aparat polres dan polsek jajaran Polda Sulawesi Selatan dibantu TNI setempat bersama instansi lainnya terus melakukan patroli bersama dalam rangka menciptakan situasi kondusif menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Ini bagian dari Operasi Lilin 2019. Kami bersama aparat TNI dan dibantu oleh instansi lainnya melakukan patroli bersama dalam rangka menjaga situasi kondusif jelang Natal dan Tahun Baru," ujar Kapolsek Panakkukang Makassar Kompol Jamal Fatur Rahman di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan patroli bersama yang dilaksanakannya itu selain menjaga situasi kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) juga sekaligus menyapa warga demi mendekatkan aparat dengan masyarakat agar tercipta sinergitas.

Kompol Jamal menyatakan sebelum ada Operasi Lilin ini, pihaknya juga sering melakukan patroli bersama tersebut dan menyapa warga. Berbagai cara dalam patroli baik dilakukan secara formal maupun informal seperti bersepeda santai.

"Situasi wilayah kami pantau terus, kami juga punya Bhabinkamtibmas yang terus berkeliling. Sesekali saya dan Danramil juga turun berpatroli," katanya.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan Operasi Lilin 2019 melibatkan ribuan personel instansi terkait lainnya seperti TNI, Satpol PP Dishub, Dinkes, Damkar, dan Jasa Raharja.

Baca juga: Banser NTT kerahkan 500 personel bantu pengamanan Natal-Tahun Baru

Pada Operasi Lilin 2019 ini, tema yang diangkat "Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Lain Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Natal Tahun 2109 dan Tahun Baru 2020".

Menurut Kombes Ibrahim, tema tersebut mengandung makna sinergitas Polri dengan instansi terkait dalam Operasi Lilin 2019 yang juga merupakan amanah dari undang-undang untuk menyelenggarakan usaha ketertiban masyarakat dan keamanan negara.

Menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, menurut dia, sinergitas ini untuk meningkatkan keterpaduan dan profesionalisme yang merupakan dasar mantapnya stabilitas keamanan nasional.

"Seperti yang ditunjukkan Kapolsek Panakkukang Kompol Jamal Faturahman dan Danramil Panakkukang Mayor Rahmat Agus Hidayat yang dengan cara konvoi menggunakan sepeda motor serta mobil dinas polisi. Itu adalah implementasi dari undang-undang dan juga tema kita," ucapnya. (ANTARA)

Berita Terbaru