DAS Katingan Terus Meninggi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 Desember 2019 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Daerah aliran sungai atau DAS Katingan di Kabupaten Katingan dalam beberapa hari terakhir terus mengalami pasang.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga, Selasa 24 Desember 2019, hari ini debit air Sungai Katingan di Kasongan mengalami peningkatan dibanding kemarin.

Menurut Eka Surya Dilaga, berdasarkan alat pengukur yang ada di Dermaga UPTD LLASP Ujung Hurung Kasongan, menunjukan bahwa tiang pengukur kedalaman pinggir DAS Katingan tiga meter atau 300 centimeter.

Sedangkan data hari sebelumnya 1,6 meter atau 160 centimeter (kedalaman air). "Data hari ini 1, 8 meter atau 180 centimeter, terjadi kenaikan permukaan air 20 centimeter dibanding pada hari kemarin tanggal 23 Desember 2019," sebut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga.

Menurut Eka Surya Dilaga, kenaikan air Sungai Katingan ini hampir merata di setiap daerah, baik di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah dan daerah lainnya.

"Kenaikan DAS Katingan ini disebabkan curah hujan yang semakin meningkat, dan mulai merata disetiap wilayah di Kabupaten Katingan," ujarnya.

Namun demikian, kata Eka kondisi di semua wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan saat ini masih aman dari bencana banjir itu. Namun untuk wilayah kecamatan yang rawan banjir agar selalu waspada apabila terjadi hujan terus menerus.

Sementara itu untuk data BMKG di wilayah Kabupaten Katingan, sore hari ini diperkirakan berawan dan malam hari diperkirakan akan turun hujan ringan.(ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru