Kerang Laut dan Kepiting Banjiri Pesisir Kuala Pembuang, ini Penjelasan Ilmiahnya

  • Oleh Magang 2
  • 24 Desember 2019 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kerang laut dan kepiting rajungan melimpah di daerah pesisir Kuala Pembuang. Itu menjadi berkah tersendiri bagi warga atau nelayan setempat.

Terkait itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan, Abu Hasan Asari mengatakan, fenomena tersebut merupakan hal yang biasa. Karena, berdasarkan ilmu ekologi perairan, berlimpahnya organisme dasar perairan dipengaruhi sumber makanan.

“Berlimpahnya kepiting, udang, kerang, dan biota dasar perairan lainnya di  Kuala Pembuang disebabkan sumber makan yang berlimpah di perairan kita,” kata Abu Hasan Asari, Selasa, 24 Desember 2019.

Menurutnya, sumber makanan yang melimpah itu dibawa arus sungai ke muara. Sementara arah angin dan ombak dari tenggara menuju ke arah pantai.

"Hal ini menyebabkan peningkatan kesuburan di pesisir Kuala Pembuang. Biasanya fenomena ini terjadi di awal musim hujan atau akhir musim kemarau," jelasnya.

Kemudian, seiring dengan perubahan arah angin dari Barat, arus laut, dan meningkatnya intensitas hujan, maka akan ada fenomena baru lainnya.

“Seiring dengan perubahan ini nanti, akan muncul lagi sumber daya ikan lainnya yang melimpah di pesisir Kuala Pembuang,” tandasnya. (MAGANG 2/B-11)

Berita Terbaru