Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Tani Desa Bangkirayen Mulai Tanam Kakao

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Desember 2019 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kelompok Tani Kubul Kulat Desa Bangkirayen, Kecamatan Awang mulai menanam bibit kakao, bantuan dari Dinas Pertanian Barito Timur.

Untuk memastikan bantuan bibit tersebut dimanfaatkan dengan baik, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi turun langsung ke lapangan dan ikut menanam kakao bersama petani.

Riza menjelaskan, Kelompok Tani Kubul Kulat di Desa Bangkirayen mendapatkan bantuan 3.200 bibit kakao untuk lahan seluas 8 hektare.

"Karena anggota kelompoknya ada 16 orang, maka masing-masing anggota mendapat bibit kakao untuk areal seluas setengah hektare," kata Riza, Selasa, 24 Desember 2019.

Menurutnya, pemkab melakukan pemberdayaan petani dengan cara diverifikasi tanaman-tanaman komoditas perkebunan salah satunya kakao. Apalagi karet yang menjadi komoditas utama petani di daerah ini harganya fluktuatif.

"Kakao belum secara luas dibudidayakan petani kita sekalipun pasarnya sudah ada. Kita  harapkan 3 sampai 4 tahun ke depan sudah tumbuh dan berkembang dengan baik," imbuh Riza.

Sementara itu, Kepala Desa Bangkirayen, Yutik menyampaikan ucapan terima atas bantuan yang diberikan dari Dinas Pertanian Bartim itu.

"Kami berharap ke depan ada bantuan-bantuan lain yang diberikan, dan kami akan berusaha agar bantuan itu dimanfaatkan dengan baik," kata Yutik.

Dia juga berkomitmen untuk memerhatikan potensi yang ada di desanya, sehingga bantuan yang diberikan pemkab tepat sasaran. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru