Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Libur Natal, Pertamina Fokus Salurkan BBM di 5 Titik Utama

  • Oleh Teras.id
  • 24 Desember 2019 - 21:00 WIB

TEMPO.CO, Cirebon - Selama libur Natal dan Tahun Baru ini kenaikan PT Pertamina (Persero) menyiagakan satuan tugas untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga 4 persen. Selain di arus mudik natal, persiapan BBM juga dilakukan di lokasi-lokasi wisata.

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas’ud Khamid, mengungkapkan pihaknya menyiagakan Satgas natal dan tahun baru sejak 14 November 2019 hingga 8 Januari 2020.

“Sejak disiagakan telah terjadi kenaikan BBM antara 3,5 hingga 4 persen,” kata Mas’ud usai mengunjungi SPBU di rest areal 228  tol Kanci-Pejagan, Selasa, 24 Desember 2019.

Untuk jenis diesel terjadi kenaikan 7 persen dan elpiji 4 persen dari rata-rata kebutuhan normal secara nasional. Sedangkan di ruas tol terjadi kenaikan BBM antara16 hingga 25 persen dibandingkan hari-hari normal.

Mas’ud menyatakan Pertamina memfokuskan penyaluran BBM di lima titik area. Titik pertama yaitu di jalur tujuan mudik natal, seperti di NTT, Manado, Yogyakarta, Semarang dan lainnya.

Titik kedua di daerah trans tol, baik itu di tol trans Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Adapun titik ketiga di lokasi tujuan wisata serta di lokasi tujuan malam natal dan tahun baru di titik keempat dan kelima.

Di titik-titik tersebut penambahan pasokan dilakukan untuk menghindari terjadinya kesulitan mendapatkan BBM. Khusus untuk penambahan pasokan BBM di lokasi-lokasi wisata menurut Mas’ud akan tetap dilakukan sekalipun pihak SPBU tidak mau menebus. “Kita kasih konsinyasi. Pokoknya kita kirim duluan,” ucap Mas'ud.

Adapun lokasi tujuan wisata yang disiagakan tambahan pasokan bahan bakar minyak diantaranya Ancol dan Monas di Jakarta, Maliboro di Yogyakarta, Bukittingi di Sumatera, Batam, Gasibu di Jawa Barat dan lainnya. Lokasi-lokasi tersebut merupakan tempat wisata sekaligus tempat yang biasanya dijadikan untuk melewatkan malam tahun baru.

Dengan pola distribusi yang mereka lakukan selama disiagakan satgas natal dan tahun baru Mas’ud berharap tidak terjadi masyarakat yang kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak selama natal dan tahun baru. Jika kesulitan, mereka juga bisa menggunakan layanan Pertamina Delivery Service (PDS) dengan cukup menelpon call center Pertamina 135. Nantinya akan ada yang mengantarkan bahan bakar yang diinginkan.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru