CEO Boeing Dennis Muilenburg Mengundurkan Diri

  • Oleh Inilah.com
  • 25 Desember 2019 - 15:30 WIB

INILAHCOM, Chicago - CEO Boeing Dennis Muilenburg mengundurkan diri dari jabatannya seiring perusahaan dirgantara asal AS itu terus menghadapi krisis kepercayaan pada pesawat jet 737 Max.

Pengunduran diri Muilenburg ini menyusul pengumuman pada pekan lalu bahwa Boeing akan menghentikan produksi 737 Max. Penerbangan jenis pesawat ini ditangguhkan di seluruh dunia pada Maret lalu setelah kecelakaan kedua 737 Max.

"Dewan Direksi memutuskan bahwa perubahan di dalam kepemimpinan diperlukan untuk mengembalikan kepercayaan terhadap Perusahaan di masa mendatang sementara perusahaan berupaya memperbaiki hubungan dengan regulator, pelanggan, dan semua pihak yang berkepentingan lainnya," kata Boeing dalam sebuah pernyataan seperti dilansir VOA News.

Ketua dewan Boeing saat ini, David Calhoun, secara resmi ditunjuk untuk menjabat sebagai CEO baru pada 13 Januari 2020.

Boeing 737 Max milik maskapai Ethiopia Airlines jatuh setelah lepas landas pada Maret lalu, menewaskan 157 penumpang di dalamnya. Lima bulan sebelumnya, jenis pesawat yang sama milik maskapai Indonesia, Lion Air, jatuh tak lama setelah lepas landas, menewaskan 189 orang, membuat jumlah korban tewas total dari dua kecelakaan 737 Max itu menjadi 346 orang.

Penyelidik telah memfokuskan pada sistem MCAS di pesawat itu, sebuah sistem penerbangan otomatis baru dan tidak ada pada versi 737 sebelumnya. Penyelidik yakin sensor yang salah dalam sistem MCAS mendorong hidung pesawat menukik sehingga mustahil bagi pilot untuk bisa mengendalikan kembali pesawat.

INILAHCOM

Berita Terbaru