Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nelayan Sungai Bakau Hasilkan Sekitar 4 Ton Kepiting Setiap Hari

  • Oleh Magang 2
  • 25 Desember 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Melimpahnya kepiting rajungan di sekitar perairan Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan menjadi berkah bagi masyarakat nelayan. Tidak heran nelayan yang berada di Desa Sungai Bakau, setiap harinya mampu menghasilkan tangkapan kepiting sekitar 3 sampai 4 ton.

Darwis, salah satu pengepul kepiting rajungan di desa Sungai Bakau, mengaku saat ini puluhan nelayan setiap harinya berangkat melaut di sekitar perairan Kuala Pembuang, untuk menjala kepiting rajungan.

“Kepiting rajungan memang sedang banyak-banyaknya di perairan kita saat ini. Sehingga tidak heran jika dikumpulkan seluruh hasil tangkapan nelayan yang ada di desa ini, setiap harinya berkisar antara 3 hingga 4 ton kepiting,” ungkapnya, Rabu, 25 Desember 2019.

Untuk masalah pemasaran, menurutnya nelayan setempat tidak kesulitan, karena sudah ada pengepul yang menunggu para nelayan datang melaut dan siap untuk menampung hasil tangkapan kepiting.

“Untuk harga dari nelayan ke pengepul kepiting rajungan dijual Rp 11 per kilo, sedangkan pengepul menjual ke Kuala Pembuang Rp 15  ribu perkilo. Dari sana kepiting banyak di kirim ke berbagai kota bahkan hingga ke Pontianak Kalbar,“ ungkapnya.

Ramainya tangkapan kepiting rajungan di perairan Kabupaten Seruyan ini, sudah terjadi sejak akhir November 2019 hingga saat ini. Diperkirakan, kondisi ini akan berlangsung hingga Januari mendatang. (MAGANG 2/B-7)

Berita Terbaru