Warga Garut Keracunan Santap Jamur Liar

  • Oleh Inilah.com
  • 25 Desember 2019 - 22:00 WIB

INILAHCOM, Garut - Belasan warga Garut, Jawa Barat, dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami gejala keracunan. Warga diduga keracunan usai makan jamur liar.

Warga Garut yang keracunan setelah menyantap jamur berada di dua lokasi. Di antaranya berada di Kampung Cihaur, Desa Hegarsari, Kadungora. Di lokasi ini, sebanyak tujuh orang warga terdiri dari nenek, anak hingga cucu yang mengalami keracunan.

"Kami menerima pasien masyarakat yang mengalami keracunan. Sudah kami berikan tindakan medis," ujar salah seorang petugas Puskesmas Kadungora, Bagus Renren kepada wartawan Selasa (24/12/2019).

Dari ketujuh pasien yang mengalami keracunan, dua di antaranya sudah diperbolehkan pulang. Sedangkan lima lainnya masih menjalani perawatan di Puskesmas.

Bagus menjelaskan, ketujuh pasien mengalami keluhan serupa. Di mana mereka mengeluh mual dan pusing. Menurut keterangan para pasien, mereka mengalami gejala itu setelah menyantap idangan jamur.

"Kabarnya demikian. Namun, untuk memastikan apa yang terjadi, harus dicek kebenarannya," katanya.

Petugas puskesmas telah membawa sampel makanan yang diduga membuat warga keracunan. Saat ini lima orang pasien yang tersisa masih menjalani perawatan.

Selain di Kadungora, empat orang warga di Kecamatan Pameungpeuk juga dikabarkan mengalami keracunan. Empat orang warga yang keracunan mengeluh pusing dan mual setelah menyantap jamur liar. [INILAH.COM/tar]

Berita Terbaru