Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polisi Selidiki Penyebab Kecelakaan Bus Sriwijaya

  • Oleh Tempo.co
  • 26 Desember 2019 - 08:42 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kepolisian masih menyelidiki penyebab kecelakaan maut Bus Sriwijaya di Pagaralam, Senin 23 Desember 2019 pukul 23.15 WIB yang sementara ini sudah merenggut nyawa 35 orang dan 13 orang korban selamat.

Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono seusai memantau lokasi kejadian, Rabu, mengatakan polisi akan menyelidiki penyebab kecelakaan hingga 2 hari ke depan.

”Sudah dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), nanti akan dianalisis secara lengkap dan saat ini masih pengumpulan data," katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, SIM pengemudi yang turut menjadi korban bus itu sudah tidak berlaku sejak 2010. Namun izin PO bus sudah cukup lama beroperasi, termasuk busnya sudah dipakai lebih dari 20 tahun.

"Kami masih menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut," katanya. Berdasarkan hasil pengamatan langsung, Istiono menerangkan bahwa karakteristik jalan tergolong berbahaya karena jalannya menanjak cukup tajam. Menurutnya pengemudi harus berkonsentrasi dan kendaraannya juga prima.

"Trek ini menurut saya terlalu tajam, perlu adanya papan pengumuman. Selain itu, perlu adanya penerangan jalan dan rambu warning agar kejadian ini tidak terulang lagi,” ujarnya.

Bus Sriwijaya diduga tidak dapat menaiki tanjakan tajam sehingga mundur menabrak beton pembatas, kemudian terjun ke jurang setinggi 8 meter. (TERAS.ID)

Berita Terbaru