Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masjid Agung Al Mukarram Amanah Kapuas Gelar Salat Gerhana Matahari

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Desember 2019 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Masjid Agung Al Mukarram Amanah Kuala Kapuas menggelar Salat Gerhana Matahari, seusai Salat Zuhur tepatnya sekitar pukul 12.00 WIB pada Kamis, 26 Desember 2019.

Salat sunnah secara berjamaah yang diikuti antusias oleh masyarakat ini berjalan khusyuk sepanjang rangkaian salat yang dilakukan menyambut fenomena alam berupa gerhana matahari cincin yang terjadi hari ini.

Adapun sebagai Imam Salat Gerhana Matahari Cincin ini, yaitu KH Muchtar Ruslan yang juga merupakan Ketua LPTQ Kapuas. Sedangkan khatib yaitu Ketua MUI Kapuas KH Nurani Sarji.

"Gerhana ini sebagai tanda-tanda kesempurnaan qudrah dan iradah Allah dan sekaligus sebagai peringatan bagi manusia bahwa pada saatnya peristiwa yang lebih dahsyatnyapun bisa terjadi atas kehendak Allah," dikutip dari ceramah khatib KH Nurani Sarji usai Salat.

"Oleh sebab itu, hendaklah manusia bertaubat, dan memohon ampun kepada Allah," lanjut dia.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kapuas Ahmad Bahruni melalui Kasubbag TU Hamidhan mengatakan sebelumnya Kementerian Agama RI telah mengimbau kepada umat muslim untuk mengadakan Salat Gerhana Matahari.

"Kami mengapresiasi atas terlaksananya Salat gerhana hari ini, dan berjalan dengan lancar," ucap Hamidhan usai mengikuti Salat Gerhana.

Sebagai penjelasan, gerhana matahari cincin adalah peristiwa terhalangnya hampir semua bagian tengah piringan matahari oleh piringan bulan. Saat puncak gerhana, matahari yang terlihat dari bumi akan tampak seperti cincin. Sebagian wilayah di Indonesia dapat menyaksikannya dengan waktu tertentu. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru