Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Pariwisata Sukamara Belum Berikan Kontribusi PAD

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Desember 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sektor pariwisata di Kabupaten Sukamara saat ini belum memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh sebab itu, pemerintah akan memaksimalkan potensi tersebut di tahun 2020 mendatang.

"Kita belum memiliki payung hukum untuk bisa memungut pajak retribusi dari keberadaan tempat-tempat wisata yang ada," ucap Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Porapar) Sukamara, Ahmad Zunani, Kamis, 26 Desember 2019.

Menurutnya, apabila sektor pariwisata dikelola dengan baik, maka tempat-tempat wisata tersebut bisa memberikan PAD bagi daerah dari sektor pajak dan retribusi.

"Kita akan memaksimalkan potensi ini pada tahun 2020 mendatang dengan mengupayakan mempercepat proses pengesehan Peraturan Daerah (Perda) retribusi daerah dari sektor pariwisata pantai," ungkapnya.

"Kami ingin tahun depan Perda ini sudah ada dan segera bisa direalisasikan agar ada pemasukan untuk PAD Kabupaten Sukamara," imbuhnya.

Ahmad Zunani menambahkan, wisata di Kabupaten Sukamara memiliki potensi yang cukup tinggi, sehingga pihaknya terus melakukan penataan untuk fasilitas supaya pengunjung bisa merasa nyaman. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru