Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Manfaatnya Jika Dilakukan Pengerukan pada Alur Lalu Lintas Sungai Kumai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 26 Desember 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berbagai manfaat dinilai akan dirasakan banyak pihak jika rencana pengerukan alur sungai Kumai benar-benar terwujud. Produk industri yang dihasilkan dari Kabupaten Kotawaringin Barat pun dapat menjadi kompetitif di pasaran.

"Memang kawasan SBI berkepentingan dengan adanya pengerukan alur Sungai Kumai. Namun manfaat adanya pengerukan alur sungai untuk menunjang kawasan strategis nasional tersebut bisa dirasakan oleh banyak pengusaha dan dunia usaha," kata Direktur Citra Borneo Utama (CBU) Ramzi Sastra, Kamis, 26 Desember 2019.

Ini ia sampaikan saat menghadiri rapat yang digelar Pemkab Kobar bersama pihak Pelindo. Rapat tersebut sebagai tindaklanjut kunjungan tim Bappneas terkait ditetapkannya kawasan Surya Borneo Industri (SBI) Tempenek menjadi kawasan industri strategis nasional.

Menurut Ramzi, dengan alur sungai yang lebih dalam, banyak kapal besar bisa masuk ke Sungai Kumai Kabupaten Kobar.

"Hal ini berimbas menjadi murahnya biaya logistik di bandingkan saat ini. Bila logistik lancar, kapal besar bisa masuk maka hasil industri dari Kobar bisa dipasarkan dengan nilai yang kompetitif," ungkapnya.

Karena, lanjut Ramzi, hal itu dapat memicu tumbuhnya dunia industri di Kabupaten Kobar. "Permasalahan yang dirasakan saat ini adalah tingginya biaya logistik. Padahal biaya produksi sama saja di bandingkan dengan tempat lain. Dengan mudahnya angkutan hasil produksi yang berimbas pada menurunnya biaya logistik, tentunya hasil industri daerah kita bisa bersaing dengan daerah lain," jelas Ramzi.

Selain itu, menurut Ramzi, dengan lebih dalamnya alur sungai, maka peluang masuknya kapal pesiar besar langsung ke Kabupaten Kobar akan semakin meningkat.

"Kemudian tadi kita juga membahas masalah pariwisata. Dengan adanya pengerukan alur Sungai Kumai, maka kapal pesiar besar seperti cruise bisa masuk tanpa hambatan," bebernya.

"Manfaat pengerukan alur sungai bisa dirasakan oleh banyak pihak dan target pembangunan sesuai visi misi pemerintahan bisa dicapai," demikian Ramzi menyampaikan. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru