Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kapuas Sampaikan Saran ke Pemkab untuk Optimalkan PAD

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Desember 2019 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kapuas, Syarkawi H Sibu menyampaikan sejumlah saran kepada pemkab untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dia mengatakan, ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam memaksimalkan PAD. Yakni mengoptimalkan fungsi pelayanan atau pendelegasian kewenangan pemungutan dan fungsi pengaturan.

"Tidak kalah pentingnya fungsi pendelegasian kewenangan ini untuk memantapkan proses pemungutan PAD ini, karena sumber PAD ini tersebar di 17 kecamatan. Sehingga perlu pendelegasian kewenangan," ucap Syarkawi, Kamis, 26 Desember 2019.

"Baik itu masalah perizinan dan pemungutannya didelegasikan kepada level pemerintahan terdepan seperti kecamatan, kelurahan, dan desa," lanjut dia.

Sehingga, tidak ada ruang pelayanan publik yang kosong karena pemerintah  selalu hadir dan berada di depan untuk memberikan pelayanan kepada publik.

"Selain itu fungsi pengaturan, pemerintah memiliki ini untuk mengatur dan menertibkan. Makanyam kehadiran regulasi berupa izin, tata kelola, dan lain-lain itu penting," tuturnya.

Dari situlah melalui mekanisme ini pemerintah hadir dan mengatur, berkaitan dengan potensi-potensi sumber PAD yang ada di Kapuas.

"Contoh seperti IMB salah satu fungsi mengatur ini yaitu jarak bangunan dengan jalan berapa jadi tidak semrawut," katanya.

Untuk itulah pentingnya fungsi mengatur dan melayani menjadi fungsi utama pemerintah. Itu yang ia harapkan dihadirkan ke depan.

"Dari itu ada kontribusi ada jasa yang nanti merupakan feedback dari pelayanan ini kepada kas daerah," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru