BNNK Kobar: Program Desa Bersinar untuk Tanggulangi Peredaran Narkoba

  • Oleh Wahyu Krida
  • 27 Desember 2019 - 13:12 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kotawaringin Barat (Kobar) pada 2020 akan mengadakan program desa bersih narkoba (Bersinar) guna menanggulangi peredaran narkoba di tingkat masyarakat.

Kepala BNNK Kobar, Wayan Korna, Jumat 27 Desember 2019 menjelaskan rencananya ada 2 desa yang bakal dijadikan percontohan program Desa Bersinar.

"Penunjukan desa ini nantinya diambil dengan berbagai penilaian. Di antaranya di desa tersebut banyak terdapat kasus narkoba dan banyak warga desa yang menjadi tersangka," jelasnya.

Menurutnya beragam kegiatan bakal digekar di desa dengan tujuan utama memiminalisasi jumlah pengguna dan pelaku tindak pidana narkoba.

"Selain penyuluhan juga bakal dibentuk Satgas Anti Narkoba, kegiatan olahraga antar RT, keagamaan serta kebersihan," jelasnya.

Sehingga kesadaran akan bahaya narkoba bisa tumbuh pada individu warga dan lambat laun jumlah pengguna dan pengedar bisa dieleminir.

"Sudah ada contohnya keberhasilannya. Ada salah satu desa di Provinsi Bali yang dulunya banyak pengguna dan pengedar narkoba saat ini sudah bisa dikatakan bersih. Keterlibatan Pecalang atau penjaga keamanan tradisional yang menjadi Satgas Anti Narkoba sangat berperan membantu BNNK dan kepolisian dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba," jelasnya (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru