Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ombudsman Cek Setya Novanto di RSPAD, Begini Temuannya

  • Oleh Teras.id
  • 27 Desember 2019 - 21:50 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Liberty Sitinjak dan komisioner Ombudsman Adrianus Meliala mengecek kondisi perawatan Setya Novanto alias Setnov di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, pada Kamis malam, 26 Desember 2019. Hasil pemantauan, kata Liberty, Setnov benar sakit dan sedang dirawat di rumah sakit tersebut.

"Yang jelas hari ini saya dengan Profesor Adrianus sudah menyaksikan langsung Setnov sedang di radiologi, itu saja," kata Liberty seusai melakukan pengecekan, di RSPAD Gatot Subroto, Kamis, 26 Desember 2019.

Liberty berkata sempat berbincang dengan Setya. Ia juga sempat memegang tangan mantan Ketua DPR itu. "Saya pegang tangannya panas," kata dia.

Ia mengatakan kondisi Setnov saat ditemui sedang duduk di kursi roda. Menurutnya, Setnov hendak dibawa ke radiologi. Menurut Liberty, Setnov mulai dirawat di RSPAD pada hari ini dengan keluhan sakit jantung.

Liberty berjanji akan mengawasi perawatan mantan ketua Partai Golkar ini selama di RSPAD. Ia mengatakan akan mengirim dokter dari lapas Sukamiskin mengecek kondisi kesehatan Setya.

Adapun Adrianus berkata tak ada maladministrasi dalam perawatan Setya kali ini. Ia menyaksikan ada dua petugas yang mengawal Setya. Kendati begitu, ia menilai pemerintah perlu membuat aturan yang lebih detail soal perawatan narapidana di luar lapas.

Setnov dirawat di bagian VIP rumah sakit itu, yakni Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto. Menurut Adrianus, harusnya setiap narapidana mendapatkan kualitas perawatan yang setara. "Dalam hal narapidana tentu ada beberapa haknya yang dicabut," kata dia.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru