Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gelar Tes Narkoba Desember 2019, Total 9 Orang Diketahui Positif

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 Desember 2019 - 12:00 WIB


BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Total sembilan orang diketahui positif narkoba berfasarkan tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kotawaringin Barat (Kobar) selama Bulan Desember 2019.

Kepala BNNK Kobar Wayan Korna, Senin, 30 Desember 2019 menjelaskan tes narkoba tersebut dilakukan pada para pengemudi angkutan umum di Terminal Natai Suka, Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Pelabuhan Panglima Utar Kecamatan Kumai serta pengunjung tempat hiburan malam (THM).

"Berdasarkan pemeriksaan, sembilan orang tersebut pada urinenya diketahui mengandung zat amphetamin dan metamphetamin," jelas Wayan.

Wayan menjelaskan, dari 8 orang tersebut 5 orang yang positif narkoba ditemukan ditempat hiburan malam dan 4 orang dari pemeriksaan kepada petugas dan pengemudi taksi di Bandara Iskandar Pangkalan Bun sekitar tanggal 26 Desember 2019.

"Sedangkan saat dilakukan periksaan kepada para pengemudi bis Terminal Natai Suka dan petugas di Pelabuhan Panglima Utar, tidak ditemukan ada orang yang positif narkoba," jelas Wayan.

"Kepada sembilan orang yang kandungan urinenya diketahui positif narkoba, dikenakan wajib lapor. Dari tiap individu yang dilakukan assessment, diketahui mereka masih belum kecanduan berat," jelas Wayan.

Menurut Wayan, proses rehabilitasi bagi 9 orang yang diketahui positif narkoba tersebut bakal dilaksanakan tahun 2020.

"Karena saat ini merupakan akhir tahun dan masa tutup buku anggaran bagi puskesmas dan klinik yang menggelar kegiatan rehabilitasi,"  jelas Wayan. (WAHYU KRIDA/m)

Berita Terbaru