Akhirnya, Desa Pilang Resmi Miliki Kebun Buah untuk Pakan Orangutan

  • Oleh Tim Borneonews
  • 31 Desember 2019 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Desa Pilang di Kabupaten Pulang Pisau akhirnya resmi memiliki kebun buah pada Rabu, 18 Desember 2019. Pembangunan kebun buah di Desa Pilang dalam rangka menyediakan kebutuhan pakan untuk Orangutan yang selama ini dipasok dari berbagai pasar di sekitar kabupaten itu.

Head Divisi Sustainability SSMS, Rudy Hendrarto, mengatakan kebutuhan buah-buahan dan sayuran untuk pakan orangutan di lokasi Prapelepasliaran Pulau Salat ini mencapai 6 ton per bulannya.

"Sehingga itu membuka peluang kepada warga Desa Pilang untuk dapat menyediakan kebutuhan tersebut secara langsung,” kata dia.

Selain itu, potensi lahan yang selama ini belum dikelola dengan baik akhirnya dapat dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan buah-buahan dan sayuran untuk memasok kebutuhan tersebut.

Desa Pilang juga memiliki Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes yang bernama Hinje Simpei, BUMDes ini bekerjasama dengan Kelompok Tani Podohop berinisiatif untuk mengoptimalkan lahan kritis dan meningkatkan pendapatan masyarakat atau petani setempat.

Fungsi BUMDes Hinje Simpei Desa Pilang adalah untuk meningkatkan pendapatan desa, juga menghimpun tabungan dalam skala lokal masyarakat desa melalui pengelolaan dana. Hal ini dapat mengembangkan unit usaha dalam mendayagunakan potensi ekonomi yang ada di desa tersebut.

Sedangkan Poktan Podohop ini merupakan kelompok petani lokal Desa Pilang yang telah mengelola lahan-lahan kritis menjadi kebun buah untuk memasok kebutuhan pakan orangutan.

Penanaman di kebun buah Desa Pilang.
Penanaman di kebun buah Desa Pilang.

Melalui kerjasama antara PT SSMS Tbk dan PT BNI Persero Tbk, dilakukan pembinaan dan bantuan permodalan dalam kegiatan tersebut. Dalam hal ini, PT SSMS Tbk berperan sebagai pembina dan pembimbing dalam memanajemen pengelolaan pembangunan kebun buah.

Sementara itu, pihak BNI melalui CSR-nya bertindak sebagai pemodal dalam pembangunan kebun buah tersebut.

Maslipansyah, mewakili Kepala Kantor Wilayah BNI Kalimantan mengutarakan harapannya terkait kerjasama ini.

Berita Terbaru