Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolda Kalteng: Jadikan Teknologi Mempermudah, Bukan Mempersulit

  • Oleh Budi Yulianto
  • 31 Desember 2019 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kapolda Kalteng Irjen Ilham Salahudin mengingatkan semua pihak agar kemajuan tekhnologi harus digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat. "Jadikan tekhnologi mempermudah kita, bukan mempersulit," katanya.

Pesan ini dia sampaikan saat rilis akhir tahun di depan ruang lobi polda, Selasa 31 Desember 2019. Terkait ciber crime, pihaknya telah menangani 13 kasus di 2019.

Untuk penyelesaiannya tercatat 20 kasus karena ada kasus di 2018 yang selesai pada 2019. Dari sekian kasus yang ditangani itu, ada 2 kasus menonjol, yakni berkaitan dengan ujaran kebencian mengarah pada SARA.

Dua orang tersangkanya sudah dijatuhi hukuman oleh pihak pengadilan. Sedangkan berkaitan dengan ciber troops, jumlah narasi atau konten yang ditemukan selama 2019 kurang lebih 100 temuan. Terdiri atas kasus hoaks, pornografi, ujaran kebencian dan SARA.

Sementara itu, terkait upaya pencegahan, pihaknya terus melakukan kegiatan sosialisasi baik di sekolah, kampus maupun kelompok masyarakat dengan membawa moto, "Save and relatade to netizen".

Dalam penyampaian rilis tersebut, kapolda didampingi Wakapol Brigjen Rikhwanto dan Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Hendra Rochmawan.

Termasuk dihadiri pejabat utama Polda setempat tidak terkecuali Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pasma Royce. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru