Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Kobar Kerahkan Tim Buser Sampah Atasi Sampah Seusai Perayaan Tahun Baru

  • Oleh Wahyu Krida
  • 31 Desember 2019 - 14:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyiapkan Tim Buser Sampah untuk mengantisipasi meningkatnya volume sampah pasca malam perayaan tahun baru.

Tim yang beranggotakan 25 orang ini terdiri dari gabungan petugas penyapu jalan pembersih parit dan barosih ratik juga dibantu 23 petugas kebersihan taman kota sebanyak 13 orang dan 9 petugas keamanan taman.

Kepala DLH Kobar, Bambamg Djatmiko Trikora menjelaskan tim ini juga di-backup armada pengangkut sampah.

“Karena di kawasan Bundaran Pancasila yang menkadi pusat acara malam pergantian tahun juga digelar acara Malam Betomu Menyadi. Banyaknya pengunjung dan undangan, kemungkinan ada sebagian dari pengunjung yang membuang sampah tidak pada tempatnya," jelasnya.

Jadi untuk mengantisipasinya DLH Kobar sudah mempersiapkan tempat sampah dibeberapa titik strategis.

"Diperkirakan volume timbunan sampah pada saat itu akan meningkat lebih kurang 3-5 ton daripada hari biasa," jelasnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Robiannor, menjelaskan sebagai persiapan pembersihan lokasi seusai perayaan malam tahun baru telah menggelar rapat koordinasi internal.

“Rapat melibatkan koordinator dan mandor kebersihan guna penempatan petugas kebersihan," jelasnya. Menurutnya pada pelaksanaan tugasnya Tim Buser Sampah mulai melakukan penyisiran sampah sekitar pukul 3 dinihari.

"Kegkatan penyisiran sampah bakal diulangi pada pukul 06.00 WIB, bila diperkirakan ada sampah yang tidak terangkut oleh tim pertama,” jelasnya.

Menjrutnya dengan dikerahkannya Tim Buser Sampah diharapkan dapat memulihkan kondisi kebersihan taman dan areal lain di kawasan Kota Pangkalan Bun setelah perayaan malam tahun baru. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru