Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Jaweten Akhiri Tahun 2019 dengan Ritual Naru Kasai Tumpuk

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Januari 2020 - 06:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah dan warga Desa Jaweten, Kecamatan Dusun Timur, mengakhiri tahun 2019 dan menyambut tahun 2020 dengan menggelar Ritual Naru Kasai Tumpuk dan malam hiburan tutup tahun. Acara berlangsung di halaman Balai Desa Jaweten. Sabtu, 31 Desember 2019.

Ritual Naru Kasai Tumpuk dilakukan sejak siang dengan memotong hewan kurban berupa satu ekor kerbau serta kambing dan ayam.

"Setelah itu dari hewan kurban itu diambil sajiannya untuk melaksanakan ritual," kata Damang Adat Paju Sepuluh, Elitson.

Damang yang wilayah adatnya meliputi Kecamatan Dusun Timur dan Awang tersebut menjelaskan, ritual Naru Kasai Tumpuk bertujuan pembersihan sekaligus menghindarkan Desa Jaweten dari musibah atau hal-hal buruk pada 2020.

"Kegiatan ini juga sebagai ungkapan syukur warga Jaweten, pemerintah desa dan tokoh-tokoh masyarakat bahwa sejumlah konflik yang terjadi di desa ini beberapa waktu lalu dapat terselesaikan dengan baik," kata Elitson usai memimpin ritual Naru Kasai Tumpuk.

Masih di tempat yang sama, malam hari usai makan bersama, warga Desa Jaweten disuguhi tarian tradisional dan hiburan dari artis-artis lokal sambil menanti detik-detik pergantian tahun.

Pantauan Borneonews di lokasi terlihat warga Desa Jaweten cukup antusias dan menikmati sajian hiburan dengan ikut berjoget bersama artis.

Turut hadir dalam ritual Naru Kasai Tumpuk maupun malam hiburan pergantian tahun ini Kepala Desa Jaweten, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh adat dari desa-desa tetangga serta perwakilan dari perusaan yang beroperasi di sekitar Desa Jaweten. (BOLE MALO/m)
 

Berita Terbaru