Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cara Kembalikan Energi Usai Begadang Tahun Baru

  • Oleh ANTARA
  • 01 Januari 2020 - 08:50 WIB

Jakarta (ANTARA) - Anda yang termasuk kurang tidur karena begadang di malam pergantian tahun, semalam Jika ya, kemungkinan Anda mengalami rasa lelah atau sakit kepala pada hari ini.

Tidur panjang pada pagi hari usai begadang semalam untuk mengganti waktu kurang tidur tampaknya tak akan banyak membantu mengembalikan energi. Lalu apa yang bisa Anda lakukan

Berikut tipsnya seperti dihimpun dari berbagai sumber:

1. Segera bangun sesuai jadwal

Ahli neurologi dari Charlottesville Neurology and Sleep Medicine di Virginia, Dr. Chris Winter, seperti dilansir Insider mengatakan mencoba konsisten bangun di waktu yang sama penting ketimbang tidur hingga siang hari, karena bisa menyebabkan lebih banyak masalah.

2. Coba konsumsi kafein

Secangkir atau dua cangkir kopi di pagi hari bisa membantu Anda tetap fungsional menghadapi hari. Namun, jangan berlebihan mengonsumsi kafein saat kondisi Anda kurang tidur, karena bisa mengacaukan jadwal tidur. Kebanyakan orang membutuhkan sekitar 100-200 miligram kafein tergantung berat badan, menurut ahli kesehatan Mark Rosekind, seperti dilansir WebMD.

3. Keluar rumah

Mendapatkan sinar matahari bisa menjadi cara terbaik untuk benar-benar bangun, karena berarti mengirimkan sinyal "siang hari" pada tubuh, menurut direktur Sleep and Health Research Program University of Arizona's College of Medicine, Dr. Michael Grandner.

"Cara ini akan membantu menghilangkan inersia tidur," kata Grandner.

Hal senada juga Winter utarakan. Dia menyarankan Anda makan siang di luar atau sekedar berjalan kaki untuk meningkatkan energi Anda.

4. Bergerak

Ahli nutrisi Molly Morgan menuturkan, bergerak atau tetap aktif walaupun Anda merasa lelah bisa meningkatkan energi dan membuat tidur Anda lebih baik di malam hari.

Winter menambahkan, kalau terlalu lelah beraktivitas fisik, sekedar berjalan-jalan bisa membantu membangunkan tubuh Anda.

5. Sedikit makan tapi sering

"Makan sedikit namun sering akan menjaga kadar gula darah Anda stabil sepanjang hari," kata ahli gizi, Lauren Manganiello.

Menurut dia, periode waktu yang lama antara jam makan bisa menurunkan kadar gula darah dan membuat Anda merasa lebih lelah lalu makan berlebihan.

Ahli gizi ahli gizi Jessica Cording setuju pada pendapat ini dan menyarankan Anda untuk makan lima atau enam kali namun dengan porsi lebih sedikit ketimbang tiga kali makan utama.

6. Hindari karbohidrat tinggi

Cording menyarankan Anda menghindari konsumsi makanan berkabohidrat tinggi, karena bisa terbakar dengan cepat di dalam tubuh.

Alih-alih sepotong pizza, dia merekomendasikan protein tanpa lemak dan lemak sehat setiap kali makan.

Berita Terbaru