Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sampah Anorganik Meningkat Setelah Perayaan Tahun Baru di Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 01 Januari 2020 - 17:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Volume sampah seusai malam perayaan pergantian tahun baru 2020 di Pangkalan Bun mengalami peningkatan. Sebagian besar sampah didominasi sampah anorganik.

"Sampahnya mencapai 4,5 ton dan didominasi sampah anorganik," ujar Kepala DLH Kobar Bambang Djatmiko melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Berbahaya dan Beracun (PSB3) M. Robiannor, saat dihubungi Borneonews.co.id, Rabu, 1 Januari 2020.

Sampah anorganik ialah sampah yang dihasilkan dari bahan -bahan non hayati, baik berupa produk sinterik maupun hasil proses teknologi pengelolahan bahan tambang atau sumber daya alam dan tidak dapat diuraikan oleh alam.

"Sampah yang berserakan itu mulai sampah plastik, botol bekas air minum, dan kaleng," ungkapnya. Untuk mengatasi peningkatan sampah saat perayaan akhir tahun, maka pihaknya mempersiapkan petugas kebersihan dan armada angkutan sampah.

"DLH sebagai leading sektor ikut andil dalam persiapan perayaan tahun baru dengan membentuk Tim Buser Sampah yang terdiri dari 25 orang," ujarnya.

Tim ini terdiri dari gabungan petugas sapuan, paritan dan barosih ratik. Selain itu ditambah pula petugas kebersihan taman kota 13 orang dan petugas keamanan (security) taman kota 9 orang.

Pihaknya bersyukur dengan adanya tim ini seusai kegiatan perayaan tahun baru sekitar Bundaran Pancasila kembali bersih. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru