Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Mengendarai Mobil Jika Terpaksa Lewati Banjir

  • Oleh Inilah.com
  • 01 Januari 2020 - 18:30 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Banjir membuat jalan raya dipenuhi genangan air sehingga menghambat kendaraan melintas. Inilah tips bagi pengendara mobil untuk dapat menerjangnya.

Jalan yang biasa kita lalui tergenang banjir. Repotnya, mau tak mau setiap hari kita harus melewati salah satu jalan yang terkena genangan air tersebut. Baik untuk bekerja atau beraktivitas lain yang tak bisa ditunda atau dibatalkan. Jadi tak ada pilihan selain harus melewati genangan air tersebut.

Untuk itu, tentu saja kita perlu sedikit tambahan persiapan berupa kiat-kiat untuk melewati dan mengatasi masalah saat kendaraan kita harus melintasi genangan air tersebut. Bagaimana caranya

Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda mengemudikan mobil di saat banjir melanda:

1. Kenali kendaraan kita

Perlu diketahui jenis dan karakter tertentu yang terdapat pada mobil kita, seperti jenis kendaraan (sedan, MPV, atau SUV). Sehingga kita dapat memperhitungkan batas ketinggian maksimum air yang dapat membuat air masuk ke dalam kabin atau ke dalam ruang pembakaran mesin melalui rumah saringan udara.

Misalkan ketika mengendarai sedan yang dimodifikasi (ceper), maka kita harus sadar bahwa mobil itu memang terbatas sekali kemampuannya melalui daerah banjir.

Jika hanya genangan air kurang lebih 25 sentimeter saja tak ada masalah. Tapi bila ketinggiannya lebih dari itu, sebaiknya jangan dipaksakan, alias balik arah saja.

2. Kuasai mobil dan kendarai secara halus

Maksudnya adalah jangan terlalu takut dan cemas, sehingga jadi serbasalah di saat mengemudi. Tetap tenang, yang penting sejak awal kita sudah perhitungkan bahwa mobil kita akan mampu melewati genangan air tersebut.

Jika memang sejak awal sudah diperhitungkan, bahwa genangan tak mungkin mampu dilewati karena tinggi permukaan air yang di atas batas kemampuan mobil kita, jangan memaksakan untuk terus. Berbalik arah adalah terbaik.

Berita Terbaru