Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Curah Hujan Masih Tinggi, BNPB Minta Warga Tetap Waspadai Banjir

  • Oleh Teras.id
  • 01 Januari 2020 - 22:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memprediksi hujan masih akan terjadi pada hari ini sehingga masih mungkin terjadi banjir.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah yang potensi banjirnya akan meningkat untuk segera mengevakuasi diri.

“Yang penting selamatkan jiwa terlebih dahulu” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulis, Rabu, 1 Januari 2020.

Agus mengatakan salah satu faktor penyebab banjir kali ini adalah curah hujan yang ekstrem.

“Hujan tahun baru kali ini sangat ekstrem dan melanda sebagian besar Jawa bagian Barat-Utara sehingga menyebabkan banjir besar yang merata di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung Barat, bahkan Cikampek dan Cipali,” kata dia.

Hujan yang turun sejak Selasa, 31 Januari 2019 telah menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Indonesia, diantaranya di Jakarta dan Bekasi. BMKG pun menyampaikan bahwa curah hujan di dua wilayah itu cukup tinggi, yaitu di TNI AU Halim 377 mm, Taman Mini 335 mm dan Jatiasih 259 mm. (TERAS.ID)

Berita Terbaru