Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab Awal Banjir Jabodetabek

  • Oleh Inilah.com
  • 01 Januari 2020 - 23:40 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyebut indikasi awal penyebab meluapnya debit air di beberapa sungai karena curah hujan yang deras.

Hal itu disampaikan usai Basuki bersama Gubernur Jakarta Anies Baswedan memantau langsung kondisi Jakarta yang tergenang banjir disejumlah titik.

"Kita bayangkan ya, normalnya itu 50 milimeter hujan normal. Menurut BMKG, 50 sampai 100 milimeter itu hujan lebat. Nah yang sampai Kepala BNPB tadi 377 milimeter," ujar Basuki di Kawasan Monas, Jakarta pada Rabu (1/1/2020).

Selama sekitar satu jam berputar-putar, pria yang dijuluki Daendels menyaksikan sendiri titik-titik banjir di wilayah Jakarta, seperti di Grogol hingga Cawang.

"Saya sudah melihat beberapa titik yang memang tergenang banjir. Utama yang menghambat transportasi, jalan tol di depan Universitas Tarumanegara, Grogol. Di Cawang ini sepertinya air terperangkap, jadi juga terendam di bawah underpass-nya. Yang di jalan bypass juga terendam," bebernya.

Meski begitu, Basuki telah mengantisipasi banjir yang terjadi di wilayah Jakarta. Salah satunya dengan menyiapkan pompa air. (INILAHCOM)

Berita Terbaru