Bandara Halim Sempat Ditutup, 40 Penerbangan Citilink Terganggu

  • Oleh Teras.id
  • 02 Januari 2020 - 08:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 40 penerbangan maskapai Citilink Indonesia rute dari dan menuju Jakarta sempat terganggu akibat penutupan Bandara Halim Perdanakusuma pada Rabu, 1 Januari 2020. Penutupan ini dilakukan sebagai imbas banjir yang menerjang landasan pacu sejak Rabu dinihari.

VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia Resty Kusandarina mengatakan, sebagian penerbangan akhirnya dialihrutekan ke Bandara Soekarno-Hatta. Sedangkan sebagian lainnya mengalami pembatalan jadwal total. 

“Hal ini kami lakukan atas pertimbangan keselamatan dan keamanan operasional penerbangan,” kata Resty dalam keterangannya kepada Tempo, Rabu petang.

Resty mengatakan pihaknya telah menyediakan opsi bagi penumpang yang terdampak gangguan jadwal penerbangan. Di antaranya penjadwalan ulang atau reschedule dan pengembalian uang tiket atau refund sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun saat ini Citilink masih terus memantau perkembangan cuaca dan intensitas hujan. Perseroan juga tengah berkoordinasi dengan regulator dan operator bandara untuk mewaspadai dampak cuaca buruk pasca-banjir. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti sebelumnya memutuskan menghentikan operasional Bandara Halim Perdanakusuma sementara. Penutupan bandara dilakukan pada pukul 06.20 WIB setelah landasan pacu pesawat tergenang air setinggi 30 sentimeter. 

Adapun bandara kembali pada Rabu sore, 1 Januari 2020. "Bandara Halim Perdana Kusuma sudah dibuka kembali pada hari ini pukul 14.30 WIB dengan lebar runway yang dapat di gunakan 30 meter dari lebar runway normal 45 meter," ujar Polana.

Untuk sementara waktu, pesawat yang dapat mendarat atau berangkat dari landasan Bandara Halim Perdanakusuma ialah tipe A320 dan Boeing 737. Armada tipe lain belum dapat beroperasi karena masih ada genangan air di tepi runway hingga Rabu sore.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru