Ini Ancaman Bencana Tahunan Kotim di 2020

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Januari 2020 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ada dua bencana tahunan yang mengancam Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada tahun 2020. Yaitu banjir dan juga kebakaran lahan.

"Bencana tahunan di Kotim ini memang hanya dua. Tapi dampaknya sangat besar dan menjadi isu nasional maupun internasional," kata Bupati Kotim Supian Hadi, Kamis, 2 Januari 2020. 

Dia mengatakan, banjir merupakan musibah yang terjadi hampir setiap tahun. Terutama di saat musim hujan. 

Selain bencana tersebut, yang menjadi sorotan nasional maupun isu internasional yakni  kebakaran hutan dan lahan. Pada 2019 lalu, luasan karhutla di Kotim merupakan terbanyak kedua di Kalimantan Tengah (Kalteng). Hal inipun menjadi isu yang hangat diperbincangkan dan menjadi sorotan banyak orang. 

"Di 2020 ini, sebelum atau saat memasuki musim kemarau, kita harus bersiap untuk menghadapi bencana tersebut. Jangan sampai karhutla membesar baru bergerak. Yang harus dilakukan adalah langkah antisipasi," kata dia. 

"Pada 2019 kita tidak bisa menangani karhutla dengan baik. Di 2020 ini, karhutla harus berkurang, bahkan kalau bisa tidak terjadi lagi," tegas Bupati Kotim. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru