Polsek Basarang Lakukan Pengamanan Upacara Ngaben di Desa Basarang Jaya

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Januari 2020 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Polsek Basarang melakukan pengamanan warga umat Hindu yang sedang melaksanakan upacara Ngaben atau upacara kremasi pembakaran jenazah di Desa Basarang Jaya, Kecamatan Basarang pada Kamis, 2 Januari 2019.

Pelaksanaan pengamanan dilaksanakan oleh anggota Polsek Basarang, yakni Aipda Abu Jakpar Al Mansur, Bripka Agus Efendi, dan Brigadir I Wayan W.

Kapolsek Basarang Iptu Supriadi mengatakan kehadiran Polri dalam pelaksanaan pengamanan tersebut yaitu disamping melaksanakan tugas pengamanan juga untuk menjalin tali silaturahmi serta dapat mempererat hubungan kerjasama dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Iya, pengamanan sudah kami laksanakan agar berjalan lancar dan nyaman bagi warga yang melaksanakan kegiatan Ngaben hari ini," ucap Iptu Supriadi kepada wartawan.

“Seluruh rangkaian kegiatan upacara agama Ngaben berjalan dengan aman, lancar dan kondusif," lanjut dia.


Lebih lanjut, dia mengatakan disamping melaksanakan pengamanan itu juga bisa menyerap informasi langsung dari masyarakat, berkaitan dengan situasi yang kondusif.

Masyarakat Basarang pun menyambut positif pengamanan tersebut, dan menyampaikan rasa terima kasih banyak kepada Polri yang selalu membantu dalam setiap kegiatan masyarakat khususnya dibidang keamanan.

Adapun upacara adat Ngaben merupakan sebuah ritual kepercayaan yang dilakukan umat Hindu dengan tujuan mengirim jenazah pada kehidupan mendatang. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru