Memasuki Musim Hujan, BPBD Kobar: Waspadai Luapan Sungai

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 02 Januari 2020 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Memasuki musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kobar, meminta masyarakat di daerah aliran sungai (DAS) waspada terhadap luapan sungai.

Kepada BPBD Kobar Petrus Rinda melalui Sekretaris Muhammad Rusmawardi menyampaikan, beberapa hari terakhir ini wilayah Kobar dan sekitarnya sedang diguyur hujan, dengan intensitas yang cukup deras, oleh karenanya masyarakat supaya waspada luapan sungai.


"Masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai agar waspada, terutama yang langganan terkena dampak luapan rutin setiap tahun," ujarnya, Kamis, 2 Januari 2020.

Disampaikannya, masyarakat yang terkena dampak luapan air sungai rutin tahunan ialah, wilayah Kecamatan Arut Utara, Kotawaringin Lama. Termasuk juga di wilayah Desa Sungai Hijau, Kecamaan Pangkalan Banteng.

Dalam penanganan bencana, BPBD Kobar telah mempersiapkan personil, yakni Tim Reaksi Cepat (TRC) yang akan bergerak cepat jika ada laporan dari masyarakat terkait bencana alam.


"Masyarakat baik Rt dan Kepala Desa setempat harus pro aktif, segera melapor maka personil siap akan membantu menanganinya," ungkapnya. (DANANG/B-5) 

Berita Terbaru