Memasuki Musim Penghujan, Wilayah Kobar Masih Aman dari Musibah Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 02 Januari 2020 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Musim penghujan telah melanda beberapa titik wilayah di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Syukurnya, kondisi saat ini masih aman dari musibah banjir.

"Alhmdulillah hingga kini belum ada laporan terkait musibah banjir dari masyarakat, wilayah Kobar masih aman," ujar Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar, Muhammad Rusmawardi, Kamis, 2 Januari 2020.

Ia menuturkan, kondisi di Kobar masih aman karena tidak lepas dari program pemerintan daerah dengan menormalisasi kanal atau sungai di beberapa titik rawan banjir.

"Kondisi aman dari banjir akibat luapan air sungai, sepertinya dengan dilebarkannya sungai- sungai yang sebelumnya meluap saat terjadi hujan deras," ungkapnya.

Ada satu laporan dari masyarakat yang terkena banjir dari luapan sungai, hal tersebut karena memang kondisi rumahnya berada di lokasi yang berkontur cekung, sehingga saat hujan deras maka kebanjiran.

"Itu hanya dari satu orang saja, dan sudah kami atasi dengan baik, selebihnya di Kobar masih aman," ujarnya.

Sehingga dengan kondisi yang masih aman, BPBD Kobar belum menaikkan status siaga. Akan tetapi BPBD sesaui dengan tupoksi selalu siap akan membackup jika ada bencana.

"Status di Kobar masih aman dan belim siaga, adapun untuk cuaca kita berkordinasi dengan BMKG, dan telah menyiapkan tim reaksi cepat (TRC)," katanya.

Pihaknya juga selalu mengimbau kepasa masyarakat agar selalu waspada jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, jika terjadi banjir diminta segera melapor, agar segera ditindaklanjuti. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru