Aroma Buah Durian Mulai Tercium di Sepanjang Jalan Sangkurun

  • Oleh Hendra
  • 02 Januari 2020 - 18:36 WIB

BORNONEWS, Kuala Kurun - Aroma dari buah durian mulai tercium di sepanjang jalan Sangkurun. Pasalnya, di deerah ini tepatnya di Taman Kota Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas mulai dipadati masyarakat yang menjual buah berduri tersebut. 

Arnudin, salah satu warga Kelurahan Tampang Tumbang Anjir mengatakan, dari Desember 2019 buah durian memang mulai marak dijual oleh masyarakat Gunung Mas. 

"Penjualnya pun tidak hanya satu orang, kadang bisa sampai 6 orang yang berjualan buah durian di taman," kata Arnudin saat membeli buah Durian di Taman Kota Kuala Kurun, Kamis 2 Januari 2020.

Buah durian yang dijual itu dalam jumlah banyak. Bahkan ada beberapa pedagang yang membawa buah tersebut hingga satu mobil pikap. Makanya bau durian sampai tercium di sekeliling taman kota, apalagi aroma khas dari buah ini memang terkenal menyengat.

Sementara, Budi salah satu pedagang menuturkan, buah durian yang dijual merupakan hasil panen dari ladang maupun hasil dari hutan yang ada di sejumlah desa di Gunung Mas. 

Selain buah durian yang dipanen dan dijual, ada berbagai jenis buah lokal lainnya, seperti rambutan, manggis, tongkoi, buah lansat dan mangkahai atau tiwadak.

"Harga buah rambutan, manggis dan langsat dijual kisaran Rp5 ribu sampai Rp10 ribu per ikat. Sedangkan untuk buah durian dijual dengan harga Rp20 ribu sampai Rp40 ribu per buah, tergantung ukuran," sebutnya. 

Buah durian dan buah lokal lainnya tidak hanya dijual di Taman Kota Kuala Kurun, tetapi juga banyak terdapat di depan sejumlah rumah masyarakat Kuala Kurun. (HENDRA/B-5)

Berita Terbaru