Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Katingan Kuala Bantah Petani di Daerahnya Kesulitan Mendapatkan Pupuk

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Januari 2020 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Camat Katingan Kuala, Suryanto membantah informasi yang menyebutkan para petani di wilayahnya kesulitan mendapatkan pupuk.

"Gak benar informasi kalau di wilayah kami mengalami kelangkaan pupuk," ujar Camat Katingan Kuala, Suryanto, Kamis, 2 Januari 2020.

Menurutnya, untuk pupuk bersubsidi memang ada kekurangan, sebab kuota untuk musim tanam Oktober - Maret atau Okmar 2019/2020 sebelumnya sudah tertarik untuk musim tanam April - September atau Asep 2019.

"Kalau untuk pupuk bersubsidi memang pagunya sudah habis, sebab luas tanam melebihi dari pagu," ujarnya.

Sedangkan untuk pupuk non subsidi, menurut Suryanto ada saja warga yang menjual di daerahnya alias tidak langka.

"Pupuk non subsidi ada aja orang yang menjualnya. Jadi informasi yang mengatakan bahwa pupuk di Katingan Kuala langka itu tidak benar," sebutnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, ribuan hektar sawah yang ditanami padi di wilayah Kecamatan Katingan Kuala yang saat ini baru berumur sekitar satu bulan terancam puso alias gagal panen.

Pasalnya, sebagian besar tanaman padi milik petani di wilayah ini tidak dipupuk.

Sejumlah petani kepada borneonews.co.id, Kamis, 2 Januari 2020 menuturkan, jika sejak sebulan terakhir petani di wilayah Kecamatan Katingan Kuala mengeluhkan terkait kelangkaan pupuk.

"Sudah sekitar satu bulan ini kami kesulitan mendapatkan pupuk, baik yang bersubsidi maupun non subsidi, sehingga tanaman padi kita sebagian besar tidak dipupuk," kata Ketua Kontak Tani Nelayan Kecamatan Katingan Kuala, Halil Amin.

Berita Terbaru