Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Gelar Bimtek Untuk Petani Milenial

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Januari 2020 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dalam rangka menindaklanjuti gerakan petani milenial yang dilaunching Kementerian Pertanian (Kementan), Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Barito Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pengisian biodata Petani Milenial di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Dusun Timur, Kamis, 2 Januari 2020.

"Dalam bimtek ini, sebanyak 5 petani milenial  yang berasal dari Kecamatan Patangkep Tutui, Kecamatan Karusen Janang, Kecamatan Dusun Tengah dan Kecamatan Raren Batuah mendapat materi tentang pengelolaan agribisnis mulai dari karakterisasi usaha agribisnis, komunikasi dan negosiasi, dan pemasaran serta revolusi industri pertanian 4.0," kata Koordinator jabatan fungsional penyuluh pertanian Dinas Pertanian dan Peternakan Barito Timur Lukmanul Chakim.

Dia menjelaskan bahwa petani milenial adalah ujung tombak pembangunan pertanian yang perlu dibekali oleh ragam pengetahuan, keterampilan dan sikap.

"Bimtek ini adalah bagian dari gerakan petani milenial berorientasi ekspor yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian. Bimtek untuk petani milenial ini untuk bersama-sama meningkatkan pengetahuan, menambah keterampilan tentang pengelolaan agribisnis," imbuh Lukmanul.

Bimtek pengelolaan agribisnis ini ingin mengajak peserta tidak hanya menjadi petani tetapi juga pengusaha tani dengan memperkuat tiga aspek seperti disebutkan tadi yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi, menyambut baik Bimtek ini dan meminta para peserta menyimak dengan serius dan menerapkan di tempat masing-masing.

"Bimtek pengelolaan agribisnis ini jarang dilaksanakan karena umumnya tentang budidaya. Bagi para peserta yang mewakili agar mengikuti acara dengan baik dan menerapkan hasil Bimtek di lingkungannya masing-masing," pesan Riza. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru