Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Ancam Bisnis Properti di Jakarta

  • Oleh Teras.id
  • 03 Januari 2020 - 09:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Banjir yang melanda Jakarta selama 2 hari di awal tahun 2020 ini berpotensi mengancam bisnis properti. Direktur Eksekutif Jakarta Property Institute (JPI) Wendy Haryanto mengatakan, banjir tersebut bahkan dapat menimbulkan kerugian  triliunan rupiah bagi sektor properti.

“Sektor properti pasti kena pengaruh besar, karena pusat perbelanjaan langsung sepi,” ujarnya kepada Bisnis pada Kamis 2 Januari 2020.

Selain mengakibatkan pusat perbelanjaan sepi, Wendy menyatakan, banjir Jakarta juga membuat tahap pembangunan yang tengah dilakukan para pengembang terhambat dan konstruksinya terancam molor dari target awal.

“Banjir yang terjadi di Jakarta juga membuat perkantoran sepi karena banyak karyawan yang tidak bisa berangkat kerja. Akibatnya aktivitas perekonomian juga tidak bisa berjalan normal seperti bisanya,” ucap Wendy.

Lebih lanjut, Wendy mengungkapkan banjir Jakarta yang sudah sering terjadi ini seharusnya bisa menjadi pembelajaran bagi pemerintah dan pihak terkait lainnya untuk melakukan langkah pencegahan.

“Pengembang dan pemerintah memang harus bekerja sama untuk terus membangun kota baik untuk mengantisipasi banjir maupun tidak banjir, karena itu bukan merupakan persyaratan untuk membangun kota,” ungkap Wendy.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru