Bupati Murung Raya Minta Kementrian Agama Ikut Tekan Angka Pernikahan Dini

  • Oleh Syahriansyah
  • 03 Januari 2020 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Bupati Murung Raya (Mura) Perdie M Yoseph meminta Kementrian Agama untuk ikut serta membantu pemerintah untuk menekan angka pernikahan dini yang saat ini terus meningkat. 

Hal ini disampaikannya saat menghadiri upacara peringatan Hari Amal Bakti sekaligus menjadi pembina upacara di Halaman MTsN 1 Murung, Jumat, 3 Januari 2020.

"Saya berharap agar Kemenag Mura mulai dari tahun 2020 ini hingga kedepannya ikut membantu Pemkab Mura dalam menekan angka pernikahan dini dengan melakukan sosialisasi bersama para tokoh agama," ujarnya.

Menurut Perdie, pernikahan dini merupakan permasalahan sosial yang harus ditangani bersama karena setiap tahunnya terus meningkat dan berujung pada perceraian karena pemikiran yang kurang matang. 

"Pemkab Mura setiap tahunnya memberikan anggaran yang cukup besar untuk menekan angka kemiskinan. Namun, kita sadari penurunan angka kemiskinan relatif tidak bisa dilakukan yang disebabkan oleh pernikahan dini terutama bagi masyarakat di pedesaan," tambahnya. 

Tidak hanya itu, dirinya juga berharap peran para orang tua untuk tidak memaksakan kehendak dalam menikahkan anak-anaknya yang masih berada di bawah usia 20 tahun atau belum memiliki rasa tanggung jawab terhadap pasangannya. (RIANSYAH/B-7) 

Berita Terbaru