UPTD Pertanian Katingan Kuala Jamin Ketersediaan Pupuk Petani

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 Januari 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pihak UPTD Pertanian Kecamatan Katingan Kuala bakal menjamin ketersediaan pupuk bagi petani di wilayah setempat. Sebelumnya, pasokan pupuk sempat tersendat. 

"Iya, saat kami melakukan reses pertengahan bulan Desember 2019 di wilayah Kecamatan Katingan Kuala, saya mendapatkan informasi dari petani pasokan pupuk bersubsidi tersendat. Akhirnya kami meminta pihak UPTD, PPL, kios penyalur pupuk serta perwakilan petani untuk duduk bersama membahas hal tersebut," kata anggota Komisi II DPRD Katingan, Yudea Patridina kepada borneonews.co.id, Jumat, 3 Januari 2020.

Menurut politisi Partai PDI Perjuangan ini, saat itu pihaknya telah mendengarkan keluhan para petani terkait tersendatnya pasokan pupuk tersebut.

Dalam kesempatan itu, kata Yudea, untuk jatah pasokan Desember 2019 dan Januari 2020, kuota pupuk untuk wilayah ini memang telah habis.

Namun saat itu pihak petani mengusulkan ke UPTD agar meneruskan ke pihak Distributor pupuk rayon Sampit untuk mengalokasikan penambahan kuota pupuk Desember - Januari. Sebab, kuota sebelumnya telah digunakan pada musim tanam April - September.

Kala itu, pihak UPTD menjamin kalau kuota tambahan pupuk untuk Desember dan Januari 2020 bisa disalurkan pada bulan Januari 2020 yakni sebanyak 320 ton.

"Saya telpon hari ini kepala UPTD Pertanian Kecamatan Katingan Kuala pak Eno, dia bilang pupuk subsidi akan disalurkan tanggal 4 atau 5 Januari besok, dan untuk tahap pertama 40 ton pupuk," ungkap Yudea.

Kekurangannya akan disalurkan juga pada Januari 2020 ini. "Saya minta agar petani bersabar, sebab pihak UPTD sudah menjamin penyaluran penambahan pupuk dan tidak ada lagi saling menyalahkan," tutur Yudea.(ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru