Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasca Banjir, Volume Sampah Meningkat di Depok

  • Oleh Inilah.com
  • 03 Januari 2020 - 23:00 WIB

INILAHCOM, Depok - Banjir yang melanda Kota Depok meninggalkan sampah yang berserak. Pihak pemerintah kota harus segera membersihkan dan mengangkut sampah-sampah itu.

Kepala bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Iyai Gumilar mengakui volume sampah pasca banjir mengalami peningkatan.

"Pasca banjir volume sampah mengalami peningkatan dibanding sebelumnya," kata dia, Jumat (3/1/2020).

Akibat meningkatnya volume sampah, kata Iyai, pihaknya mengalami kesulitan dalammelakukan pengangkutan sampah. Pasca banjir, pihaknya mengangkut 10-15 truk berukuran besar.

"Saat ini sampah yang kami angkut menggunakan 10 sampai 15 truk besar per hari yang dikerahkan untuk mengangkut sampah atau sama dengan sekitar 150-200 ton sampah per hari.

"Kami juga sedang melaksanakan kerja bakti pembersihan sampah, baik itu sampah lingkungan warga dan saluran penghubung di wilayah Kota Depok yang terdampak banjir," ucapnya.

Menurut dia, sampah-sampah yang menumpuk tidak hanya berasal dari Kota Depok. Beragam jenis sampah seperti ranting pohon, plastik, kayu yang berukuran besar dan sampah rumah tangga lainnya memenuhi menumpuk di pinggir sungai dan anak sungai yang ada di Kota Depok.

Sampah yang menumpuk di pinggir anak sungai dan sungai Kota Depok sudah diangkut pekerja kebersihan. "Sampah ini kiriman dari hulu. Dari hulu, artinya dari daerah hulu Kota Depok," jelasnya.

Mengingat keterbatasan personel dan armada, Iyai meminta warga yang sampah di rumahnyabelum terangkut untuk bersabar.

"Sampah-sampah yang menumpuk di jalan-jalan pasti kami angkut, hanya saja dilakukan bertahap, karena saat ini personel yang ada fokus mengangkut sampah yang menumpuk di pinggir anak sungai dan sungai di Kota Depok," tutur dia.

Berita Terbaru