Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri Dalam Negeri Bangun 3 Posko Bantuan Banjir di Jabodetabek

  • Oleh Teras.id
  • 04 Januari 2020 - 06:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan hingga kini telah menyiapkan posko bantuan bencana banjir di daerah Jabodetabek.

Hal ini disampaikan Tito ketika berkunjung ke posko bencana di Perum Villa Jatirasa, Jati Asih, Bekasi Jawa Barat pada Jumat, 3 Januari 2020. "Kami menyiapkan tiga posko saja sambil mendorong Pemerintah Daerah membangun posko-posko yang lain," kata Tito.

Kemendagri mendorong pemerintah daerah menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk penanggulangan pasca-banjir. Tito menjelaskan BTT itu bisa digunakan bagi daerah yang sudah ditetapkan tanggap darurat, seperti Bekasi.

“Yang sudah menyatakan itu kota Bekasi," ujarnya. Daerah lain yang memiliki anggaran BTT yaitu Banten dan DKI Jakarta.

Selain posko, dalam kunjungannya Kemendagri menyampaikan sejumlah bantuan. Di antaranya 227 pak logistik dan uang tunai Rp 27 Juta.

Tito membawa satu mobil boks, satu mobil Hilux. Isinya selimut, sarung, beras, mie instan, makanan siap saji, makanan ringan.

“Sedang koordinasi dengan Pak Lurah untuk distribusi merata," kata staf Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Evan Nur Setya Hadi ketika ditemui di posko.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru