Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinsos Jawa Barat Siagakan Puskesmas 24 Jam di Kawasan Banjir

  • Oleh ANTARA
  • 04 Januari 2020 - 06:10 WIB

Bandung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyediakan pelayanan kesehatan 24 jam di sejumlah puskesmas dan mendirikan pos pelayanan terpadu di beberapa lokasi banjir.

"Jadi terdapat tiga pelayanan kesehatan di Kabupaten Bandung Barat. 42 pos pelayanan kesehatan dan satu pos pelayanan terpadu di Kota Bekasi. Untuk daerah Kabupaten Bekasi ada 44 pelayanan kesehatan di puskesmas dan 60 posko pelayanan kesehatan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Jabar Juanita PF pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Jumat.

Selain itu, sebanyak 50 Puskesmas di Kabulaten Karawang juga siaga memberikan pelayanan kesehatan.

"Yang kami sediakan obat-obatan. Dan obat-obatan masih terpenuhi oleh kabupaten/kota. Di posko dan Puskesmas ada lima orang yang piket dan terdiri dari dokter, perawat, serta bidan," katanya.

Ditempat yang sama, Badan Amil Zakat (Baznas) Provinsi Jabar telah mendirikan dapur umum, mengirim ambulans, mendistribusikan 5.800 nasi kotak dan 8.000 dus air mineral, menyalurkan perahu karet, dan menyediakan mobil layanan.

"Sekarang masih proses pembersihan pascabencana. Kami sudah menyiapkan perlengkapan bayi dan mengirim relawan," kata Kepala Divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Jabar Tri Yanto.

"Kolaborasi semua pihak membuat penanganan dan penyelamatan berjalan cepat dan tepat. Semoga bermanfaat bagi semua," tambahnya.

Sementara itu, Jabar Quick Response (JQR) melakukan sejumlah upaya penyelamatan dan penanganan bencana alam.

Ketua Harian JQR Hanief Mochammad mengatakan, JQR menerima dan menindaklanjuti 62 aduan darurat rescue.

“Kami juga menyelenggarakan tanggap bencana Jabar Memanggil. Lebih dari 21 komunitas Mapala dan Pecinta Alam yang sudah berkoordinasi melakukan penyelamatan,” katanya.

Berita Terbaru