Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Tani Kalampan Jaya Tonjolkan Edukasi pada Pengembangan Pertanian Hortikultura

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 Januari 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kelompok Tani Kalampan Jaya di Desa Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat lebih menonjolkan edukasi dan wisata pada pengembangan pertanian hortikultura di kebun yang disebut eduwisata.

Ketua Kelompok Tani Kalampan Jaya Yanir mengatakan, konsep eduwisata tersebut diharapkan dapat terus dikembangkan, sehingga pengunjung yang akan datang nantinya banyak mendapatkan ilmu pengetahuan hingga manfaat sayur dan buah.

"Iya, konsep edukasi ini sudah berjalan, sudah ada pelatihan, pendidikan atau sekolah lapang atau magang. Jadi edukasinya lebih ditonjolkan, jadi bukan bisnisnya," ucap Yanir, Sabtu, 4 Januari 2020.

Menurut dia, konsep edukasi tersebut nantinya dapat membangun, menumbuhkan generasi mandiri, cinta lingkungan yang bisa memanfaatkan potensi lahan subur yang ada di wilayah setempat.

"Ini dilakukan untuk mendidik anak-anak supaya mencintai pertanian, dan disampaikan hasil dari bertani ini bagaimana," tuturnya.


Ia menambahkan, lahan yang dikelola pihaknya itu seluas 10 hektare. Sejak 2018, ia sudah aktif memberikan pelatihan dan pendidikan kepada pengunjung yang datang.

"Sehingga bisa memberikan pengetahuan bercocok tanam sayur maupun buah yang produktif," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru