Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertanian Hortikultura di Kapuas Dinilai Miliki Potensi Berkelanjutan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 Januari 2020 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Adanya lahan yang subur di sejumlah tempat membuat pertanian hortikultura di Kabupaten Kapuas, dinilai memiliki potensi yang bisa dikembangkan secara berkelanjutan.

Hal itu diungkapkan Ketua Kelompok Tani Kalampan Jaya Yanir, bahwa dengan berkembangnya pertanian hortikultura baik itu sayuran dan buah, bukan tidak mungkin bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Karena bertani seperti horti ini cukup menjanjikan dan bisa meningkatkan perekonomian sehingga sangat potensi," ucap Yanir, Sabtu, 4 Januari 2020.

"Karena daerah ini cukup subur dan tanah luas. Jadi kalau ada kemauan saya yakin bisa," lanjut dia.

Ia berpesan kepada para petani yang ingin mengembangkan tanaman hortikultura harus dimulai dengan kemauan dan tekad yang kuat agar bisa berhasil.


"Pertama kita punya kemauan dulu, mulai modal sendiri dan belajar. Apalagi sekarang desa punya dana desa. Kalau bisa semua desa itu membuat demplot pertanian," ucapnya.

Selain itu, ia menyebutkan bahwa salah satu produk unggulan dari pertanian hortikultura ini yang ada di kebunnya itu diantaranya tanaman bawang merah.

"Memang awalnya dalam menanam bawang merah ini tidak langsung berhasil. Setelah dalam tiga tahun terakhir ini, kita mengetahui perlakuan terhadap bawang ini seperti apa," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru